Perancangan Gedung KILC (Kendari Intensive Learning Center) Di Kota Kendari Dengan Pendekatan Arsitektur Modern
DOI:
https://doi.org/10.51454/4mswfc47Keywords:
Gedung, Intensive, Learning, Center, Arsitektur, ModernAbstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencanan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasa, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, Masyarakat mengembangkan segala potensi yang dimiliki peserta didik melalui proses pembelajaran. Maksud dan tujuan menulis tugas akhir ini Adalah untuk mendapatkan konsep arsitektur modern pada Gedung KILC dengan tetap mempertahankan keagamaan dan kenyaman bagi para pelajar dan pengelolah yang datang. Penulisan tugas akhir ini berupa perancangan Gedung Bimbingan Belajar KILC Di Kota Kendari dengan pendekatan arsitektur Modern yang representative ditinjau dari segi arsitektural, serta menyediakan fasilitas penunjang dan perlengkapan bangunan serta prasarana utilitas yang lengkap.
References
Adi, H.P. et al. (2024) ‘Enhancing Inclusivity: Designing Disability Friendly Pedestrian Pathways’, International Journal of Safety and Security Engineering, 14(3), pp. 691–699. Available at: https://doi.org/10.18280/ijsse.140303.
Alfauza, M.N. and Setiadi, A.H. (no date) ‘Redesain Pasar Tradisional Tutuwi Motaha Dengan Pendekatan Arsitektur’, 4368, pp. 107–119.
Amir, M.R. (2023) Perancangan Pusat Pengembangan Kreativitas Anak di Aceh Barat Daya (Pendekatan Arsitektur Perilaku). repository.ar-raniry.ac.id. Available at: https://repository.ar raniry.ac.id/id/eprint/35553/.
Berkelanjutan, A. et al. (no date) ‘Pengembangan Objek Wisata Pulau Damalawa Dengan Pendekatan’, 4368, pp. 83–93.
Erica and Denny (2015) ‘Hubungan dan Pengaruh Bimbigan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMA Kafah Unggul Tangerang’, Journal Manajemen Informatika, (1), pp. 1–13.
HAMNISA, T.O. (2020) … DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEENAGE LEARNING CENTER DI KABUPATEN KUTAI BARAT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN. e-journal.uajy.ac.id. Available at: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23811.
Hb, A.A. et al. (2025) ‘Pusat E-Sport Di Kota Kendari Dengan Pendekatan Arsitektur’, pp. 24–39.
Ihfatullah, R. (2019) YOUTH LEARNING CENTER DI KLITREN YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Green Landscape Dan Green Facade. dspace.uii.ac.id. Available at: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13662.
Kamila, A. (2024) ‘Implementasi Pendidikan Berbasis Waldorf Melalui Bimbingan Belajar pada Anak Usia Dini’, Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini [Preprint]. Available at: https://e journal.nalanda.ac.id/index.php/KHIRANI/article/view/1129.
Kurniaji, C.R. et al. (2025) ‘Perancangan Enterprise Architecture Bimbingan Belajar Menggunakan TOGAF-ADM’, JATISI (Jurnal Teknik … [Preprint]. Available at: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/11876.
Nahdatunnisa and Arzal Tahir, M. (2024) ‘Assessing the performance of the pedestrian path accessibility standards for people with disabilities’, Sinergi (Indonesia), 28(3), pp. 669–684. Available at: https://doi.org/10.22441/sinergi.2024.3.022.
Nahdatunnisa, N. et al. (2024) ‘The Role of Landscape Architecture in Sustainable Urban Development: Implementation of Universal Design’, Review of Urbanism and Architectural Studies, 22(2), pp. 23–33. Available at: https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2024.022.02.3.
Nahdatunnisa, N., Tahir, M.A. and Fajar, F. (2024) ‘Aksesibilitas Jalur Pedestrian Menuju Kota Inklusif dan Berkelanjutan’, Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan [Preprint].
Prasetya, I. et al. (2019) ‘Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar’, Buletin KKN Pendidikan, 1(1), pp. 30–34. Available at: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286.
Tahir, M.A. and Press, B. (2025) ‘ARSITEKTUR LANSKAP Teori , Praktik , dan Aplikasi’, (January).
Taufik, M. and Abidin, A.A. (no date) ‘Desain Agrowisata Nanga-Nanga Di Kota Kendari Dengan Pendekatan Arsitektur Organik’, 4368, pp. 51–60.
Wowiling, K.G., Mononimbar, W. and ... (2022) ‘MAHAWU PUBLIC LIBRARY AND LEARNING CENTER: Arsitektur Hibrid’, Jurnal Arsitektur … [Preprint]. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/daseng/article/view/46736.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syafaat Bima Prayoga, Asri Andrias H. B Andrias H. B, Andi Al-Mustagfir Syah, Nahdatunnisa Nahdatunnisa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.