Pusat E-Sport Di Kota Kendari Dengan Pendekatan Arsitektur High-Tech

Authors

  • Reksa Israjab Universitas Muhammadiyah Kendari Author
  • Asri Andreas Universitas Halu Ole0 Author
  • ahsan Hidayat Setiadi Universitas Muhammadiyah Kendari Author

Keywords:

Pusat, E-Sport Center, High-Tech, Architecture, Tehnoloy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah E-Sport Center di Kota 
Kendari dengan pendekatan arsitektur berteknologi tinggi, yang dapat 
mendukung kegiatan olahraga elektronik baik untuk perorangan 
maupun kelompok. Fasilitas ini direncanakan untuk menjadi markas tim 
e-sport lokal, menyediakan ruang untuk pelatihan, pertandingan, dan 
turnamen. Selain itu, pusat ini diharapkan dapat membuka lapangan 
pekerjaan baru di industri game mobile dan esports, serta mendukung 
pertumbuhan industri tersebut di daerah Kendari. Lokasi tapak yang 
strategis berada di Kecamatan Kambu dengan luas lahan 200.000 m², 
memiliki aksesibilitas yang baik dan berpotensi untuk penerapan 
teknologi berkelanjutan. 
Desain arsitektur berteknologi tinggi diaplikasikan dengan elemen
elemen seperti struktur modular, smart glass, smart roofing, dan 
material yang ramah lingkungan untuk mendukung efisiensi energi dan 
keberlanjutan. Konsep desain ini juga menekankan pada fleksibilitas 
ruang yang dapat beradaptasi dengan perkembangan industri e-sports 
yang sangat pesat. Penelitian ini meliputi analisis tapak, perencanaan 
ruang yang mendukung berbagai aktivitas, serta penerapan teknologi 
yang berfokus pada keberlanjutan dan kenyamanan. Hasilnya, 
diharapkan E-Sport Center ini dapat menjadi landmark yang inovatif di 
Kota Kendari, membuka kesempatan berkarir, dan memperkenalkan 
arsitektur berteknologi tinggi yang dapat diadaptasi di kota-kota lain. 

References

Abdul Aziz, Algalif, Tyas Santri, and Alfred Wijaya. 2019. “Perancangan E-Sport Arena Di Kota Bandung

Dengan Penerapan Arsitektur Metafora.” Jurnal TIARSIE 16(4): 125.

doi:10.32816/tiarsie.v16i4.69.

Adi, Henny Pratiwi, Nahdatunnisa, Rick Heikoop, and Slamet Imam Wahyudi. 2024. “Enhancing

Inclusivity: Designing Disability Friendly Pedestrian Pathways.” International Journal of Safety

and Security Engineering 14(3): 691–99. doi:10.18280/ijsse.140303.

Ahlul Janntahul Hidayah, Nengah Tela, Duddy Fajriansyah. 2022. “Perancangan Gedung Pelatihan Dan Turnamen E-Sport Dengan Pendekatan Arsitektur Metafora Di Kota Padang.”

Enggar Rizkindo, Program Studi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, and Laporan Konseptual. 2018.

“Perencanaan Dan Perancangan Pelatihan E-Sport Indonesia Perencanaan Dan Perancangan

Pelatihan.” 1.

Kainage, Yordan A A, Raymond D Ch Tarore, and Ingerid L Moniaga. 2022. “E-Sport Arena Di Manado.”

Jurnal Arsitektur DASENG 11(2): 62–72.

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/daseng/article/view/49760/43376.

Khudzaifah, Khudzaifah, Agus Kristiyanto, Tri Aprilijanto, and Slamet Riyadi. 2023. “Analisis E Sport

Sebagai Cabang Olahraga Baru.” Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) 4: 416.

doi:10.31000/sinamu.v4i1.7923.

Krisdianto. 2025. “Kawasan Objek Wisata Danau Molara.” Journal Architecture and Planning: 54–64.

Kurniawan, Faidillah. 2020. “E-Sport Dalam Fenomena Olahraga Kekinian.” Jorpres (Jurnal Olahraga

Prestasi) 15(2): 61–66. doi:10.21831/jorpres.v15i2.29509.

Nahdatunnisa, and M. Arzal Tahir. 2024. “Assessing the Performance of the Pedestrian Path

Accessibility Standards for People with Disabilities.” Sinergi (Indonesia) 28(3): 669–84.

doi:10.22441/sinergi.2024.3.022.

Nahdatunnisa, N, H P Adi, S I Wahyudi, and M A Tahir. 2022. “Evaluasi Kinerja Jalur Pedestrian Di

Kawasan Ruang Terbuka Hijau Publik Perkotaan.” Prosiding ESEC.

http://www.esec.upnvjt.com/index.php/prosiding/article/view/148.

Nahdatunnisa, N, M A Tahir, and F Fajar. 2024. “Aksesibilitas Jalur Pedestrian Menuju Kota Inklusif Dan

Berkelanjutan.” Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan.

Prabowo, Dimas Hendra, Ratna Safitri, and Melania Lidwina Pandiangan. 2023. “Perancangan Stadion

E-Sport Di Kota Tangerang Selatan Dengan Pendekatan Arsitektur Futuristik.” Temu Ilmiah Ikatan

Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI): 109–16.

Ramadhan, Acyuta Athallah. 2023. “Perancangan E-Sport Centre Di Surabaya Dengan Pendekatan Eco

Tech Architecture.”

Studi, Disabilitas, Kasus Ruang, Terbuka Hijau, and D I Kota. 2024. “Optimasi Layanan Aksesibilitas Jalur

Pedestrian Bagi Penyandang Disabilitas (Studi Kasus Ruang Terbuka Hijau Di Kota Kendari).” 1(2):

–51.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Pusat E-Sport Di Kota Kendari Dengan Pendekatan Arsitektur High-Tech. (2025). ARCHITECTURA: Journal of Architecture and Planning (JAP), 1(2), 24-39. https://jurnalteknik.umkendari.ac.id/index.php/JIAP/article/view/41