Pusat E-Sport Di Kota Kendari Dengan Pendekatan Arsitektur High-Tech
Keywords:
Pusat, E-Sport Center, High-Tech, Architecture, TehnoloyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah E-Sport Center di Kota
Kendari dengan pendekatan arsitektur berteknologi tinggi, yang dapat
mendukung kegiatan olahraga elektronik baik untuk perorangan
maupun kelompok. Fasilitas ini direncanakan untuk menjadi markas tim
e-sport lokal, menyediakan ruang untuk pelatihan, pertandingan, dan
turnamen. Selain itu, pusat ini diharapkan dapat membuka lapangan
pekerjaan baru di industri game mobile dan esports, serta mendukung
pertumbuhan industri tersebut di daerah Kendari. Lokasi tapak yang
strategis berada di Kecamatan Kambu dengan luas lahan 200.000 m²,
memiliki aksesibilitas yang baik dan berpotensi untuk penerapan
teknologi berkelanjutan.
Desain arsitektur berteknologi tinggi diaplikasikan dengan elemen
elemen seperti struktur modular, smart glass, smart roofing, dan
material yang ramah lingkungan untuk mendukung efisiensi energi dan
keberlanjutan. Konsep desain ini juga menekankan pada fleksibilitas
ruang yang dapat beradaptasi dengan perkembangan industri e-sports
yang sangat pesat. Penelitian ini meliputi analisis tapak, perencanaan
ruang yang mendukung berbagai aktivitas, serta penerapan teknologi
yang berfokus pada keberlanjutan dan kenyamanan. Hasilnya,
diharapkan E-Sport Center ini dapat menjadi landmark yang inovatif di
Kota Kendari, membuka kesempatan berkarir, dan memperkenalkan
arsitektur berteknologi tinggi yang dapat diadaptasi di kota-kota lain.
References
Abdul Aziz, Algalif, Tyas Santri, and Alfred Wijaya. 2019. “Perancangan E-Sport Arena Di Kota Bandung
Dengan Penerapan Arsitektur Metafora.” Jurnal TIARSIE 16(4): 125.
doi:10.32816/tiarsie.v16i4.69.
Adi, Henny Pratiwi, Nahdatunnisa, Rick Heikoop, and Slamet Imam Wahyudi. 2024. “Enhancing
Inclusivity: Designing Disability Friendly Pedestrian Pathways.” International Journal of Safety
and Security Engineering 14(3): 691–99. doi:10.18280/ijsse.140303.
Ahlul Janntahul Hidayah, Nengah Tela, Duddy Fajriansyah. 2022. “Perancangan Gedung Pelatihan Dan Turnamen E-Sport Dengan Pendekatan Arsitektur Metafora Di Kota Padang.”
Enggar Rizkindo, Program Studi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, and Laporan Konseptual. 2018.
“Perencanaan Dan Perancangan Pelatihan E-Sport Indonesia Perencanaan Dan Perancangan
Pelatihan.” 1.
Kainage, Yordan A A, Raymond D Ch Tarore, and Ingerid L Moniaga. 2022. “E-Sport Arena Di Manado.”
Jurnal Arsitektur DASENG 11(2): 62–72.
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/daseng/article/view/49760/43376.
Khudzaifah, Khudzaifah, Agus Kristiyanto, Tri Aprilijanto, and Slamet Riyadi. 2023. “Analisis E Sport
Sebagai Cabang Olahraga Baru.” Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) 4: 416.
doi:10.31000/sinamu.v4i1.7923.
Krisdianto. 2025. “Kawasan Objek Wisata Danau Molara.” Journal Architecture and Planning: 54–64.
Kurniawan, Faidillah. 2020. “E-Sport Dalam Fenomena Olahraga Kekinian.” Jorpres (Jurnal Olahraga
Prestasi) 15(2): 61–66. doi:10.21831/jorpres.v15i2.29509.
Nahdatunnisa, and M. Arzal Tahir. 2024. “Assessing the Performance of the Pedestrian Path
Accessibility Standards for People with Disabilities.” Sinergi (Indonesia) 28(3): 669–84.
doi:10.22441/sinergi.2024.3.022.
Nahdatunnisa, N, H P Adi, S I Wahyudi, and M A Tahir. 2022. “Evaluasi Kinerja Jalur Pedestrian Di
Kawasan Ruang Terbuka Hijau Publik Perkotaan.” Prosiding ESEC.
http://www.esec.upnvjt.com/index.php/prosiding/article/view/148.
Nahdatunnisa, N, M A Tahir, and F Fajar. 2024. “Aksesibilitas Jalur Pedestrian Menuju Kota Inklusif Dan
Berkelanjutan.” Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan.
Prabowo, Dimas Hendra, Ratna Safitri, and Melania Lidwina Pandiangan. 2023. “Perancangan Stadion
E-Sport Di Kota Tangerang Selatan Dengan Pendekatan Arsitektur Futuristik.” Temu Ilmiah Ikatan
Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI): 109–16.
Ramadhan, Acyuta Athallah. 2023. “Perancangan E-Sport Centre Di Surabaya Dengan Pendekatan Eco
Tech Architecture.”
Studi, Disabilitas, Kasus Ruang, Terbuka Hijau, and D I Kota. 2024. “Optimasi Layanan Aksesibilitas Jalur
Pedestrian Bagi Penyandang Disabilitas (Studi Kasus Ruang Terbuka Hijau Di Kota Kendari).” 1(2):
–51.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.